Selasa, 10 Februari 2009

Mempertanyakan Eksistensi Laboratorium Micro Teaching FKIP

Predikat Akreditasi A yang disandang FKIP-UMM tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Laboratorium Micro Teaching, keberadaan Laboratorium inilah yang menjadi nilai lebih sehingga Team Akreditasi Pendidikan memberikan Predikat Akreditasi A kepada FKIP-UMM. Keberadaan Laboratorium Micro Teaching memang memberi manfaat besar bagi proses belajar mengajar mahasiswa FKIP. Kelengkapan sarana dan prasarana didalamnya seperti alat tes psikologi, pelatihan mengajar dan sebagainya sangat membantu bagi kemajuan ilmu mahasiswa FKIP.

Namun ada satu hal yang membuat penulis prihatin akhir-akhir ini, laboratorium yang memiliki banyak manfaat tersebut ternyata tidak dimanfaatkan secara maksimal. tempat tersebut selalu tampak sepi dari aktivitas selama ini, hampir tak pernah ada aktivitas praktik di tempat tersebut.

Imbas dari itu semua saat ini banyak mahasiswa semester lima dan tujuh mengeluh karena porsi belajar yang tidak seimbang antara teori dan praktik. Selain itu mereka juga merasa dirugikan karena tidak bisa menikmati fasilitas yang seharusnya mereka dapatkan.

Ditengah pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dunia pendidikan dituntut untuk menggunakan metode pembelajaran aktif, kreatif dan lebih memperbanyak praktik daripada teori. berangkat dari itu semua pemanfaatan laboratorium micro teaching secara intensif mutlak untuk dilaksanakan, toh tempat sudah dimiliki dan tinggal memanfaatkannya saja.

(Sari FKIP-SMSTER I ).








0 komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar

 
© free template by Blogspot tutorial